HABITUS

PIN

Oleh: Uchenk

Di suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh BSNP, saya berkesempatan makan satu meja dengan Prof. Dr. Djemari Mardapi (Almarhum). Kami berdiskusi tentang upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Prof. Djemari mengungkapkan, bahwa salah satu upaya itu adalah dengan menciptakan kegiatan belajar menjadi suatu kebiasaan. Habitus. Bukan hanya di sekolah. Dimana pun itu.

Beliau mencontohkan, ketika tahun 1977 belajar di negeri Inggris, saat naik kereta, dilihatnya semua orang membaca. Tidak ada yang berbicara. Berbeda keadaannya dengan penumpang di Indonesia, ramai mengobrol. Mungkin orang Indonesia memang terbiasa dengan bahasa lisan.

Daripada bengong, Prof. Djemari kemudian mengikuti kebiasaan orang-orang Inggris saat naik kendaraan umum, membaca. Berkat kebiasaan itu, beliau lancar menyelesaikan pendidikannya. Menjadi ahli pengukuran pendidikan terpandang di Indonesia. Penulis buku-buku referensi mata kuliah penilaian dan evaluasi pendidikan. Ketua BSNP yang pertama.

Bila membaca menjadi kebiasaan anak-anak kita, mereka membuka jendela dunia, buat pengembangan wawasannya. Mereka juga akan memahami benar makna Sumpah Pemuda. Bukan semata makna tertulis, tetapi hakikat Bhineka Tunggal Ika. Pengikat semua perbedaan. Yang menjadikan kita satu. Indonesia.

πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

You May also Like
BUNGA YANG TAK AKAN LAYU
Melipat Kertas
Medali Kedamaian

Leave Your Comments