Melipat Kertas

PIN

Oleh: Uchenk

Dalam acara pengukuhan Kelompok Kerja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pentingnya pendidikan pada anak-anak usia dini. Hal itu menurut pak Gubernur, seperti dalam kajian peraih hadiah Nobel bidang ekonomi tahun 2000, James J Heckman, yang menyatakan bahwa PAUD paling strategis dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia. Yang akan mampu menjadi eskalator keberhasilan kehidupan sosial ataupun ekonomi.

Oleh sebab itu ketika menjadi Menteri Pendidikan, beliau ikut menandatangani nota kesepahaman internasional di Seoul Korea Selatan, tentang perlunya PAUD bagi semua anak. Paling sedikit satu tahun sebelum memasuki usia sekolah dasar. Saat sekarang menjabat Gubernur, beliau ingin memastikan nota kesepahaman itu pun berjalan di Provinsi DKI Jakarta.

Begitu melekatnya PAUD yang dialami semasa kecilnya, pak Anies memperlihatkan cara melipat kertas. Pak Anies melipat selembar kertas menjadi empat lipatan yang sempurna rapihnya. Beliau menyampaikan bahwa keterampilan itu diperoleh berkat ketelatenan guru PAUDnya dalam mengajar. Hal sederhana, namun berkesan hingga kini. Nilai karakter ketekunan dan kerapihan diajarkan dari cara melipat kertas. Sampai sekarang, bila sedang melipat kertas, pak Anies teringat akan guru itu dan mendo’akannya.

Pak Anies mengajak para anggota Pokja Bunda PAUD untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas. Tidak terjebak pada ornamen artifisial, sekedar kegiatan seremonial. Bekerja dan mengabdi yang menjadi amalan. Menjadi sumur pahala bagi kita. Barokah.

πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

You May also Like
BUNGA YANG TAK AKAN LAYU
HABITUS
Medali Kedamaian

Leave Your Comments